Riau – Tuan Rumah Popwil I Sumatera

Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) I Sumatera, adakan kategori pencak silat di Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Islam Riau (PKM UIR) Provinsi Riau. Mulai Rabu hingga Sabtu, (16-19/11). Untuk wilayah I Sumatera diantanya Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Jambi, Kepulauan Riau dan Bangka Belitung. Peserta adalah siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Acara Popwil diselenggarakan dua tahun sekali. Dimana pada tahun sebelumnya di Provinsi Jambi. Sebelum peserta mengikuti Popwil, para peserta harus ikut babak yang diselenggarakan di propinsi masing-masing.

“Untuk kategori pencak silat ada 200 peserta dari keseluruhan provinsi yang berada di wilayah I. Kategori pertandingan 92 partai dan 28 partai. Ada sembilan kelas pertandingan untuk pria (A sampai I) sedangkan wanita delapan kelas (A sampai H). Kelas A di mulai dari berat 39 hingga 43 kg. Jarak masing-masing kelas 4 kg sampai pada kelas terakhir,” ungkap M. Salim, Ketua Koordinator Pencak Silat Popwil I.

Ada 13 juri dari Riau yang dikerahkan untuk kategori pencak silat. Sedangkan untuk enam propinsi lainnya hanya satu juri.

img_20161116_154419

Kategori penilaian dalam pencak silat yaitu serangan, tendangan, tinjuan, jatuhan dan pukulan. “Tendangan dan tinjuan ini mengarah pada body protector, tidak ada penghalang tangan, misalnya. Nilai paling tinggi lebih pada jatuhan yang diawali tangkapan,” ungkap Reno Gustiawan, S.Pd (Wasit Juri) asal Jambi.

Nadila siswa kelas IX SMP peserta asal Aceh – Dari Aceh ada 15 atlet sialt, delapan pria dan tujuh wanita. Mengikuti pencak silat ini atas dasar kemauan diri sendiri. Ketika suntuk adalah waktu paling asik untuk berlatih. Jawaban ia ketika menang nanti, hadiahnya akan diberi kepada anak yatim. Penghargaan ini saya beri kepada orangtua dan untuk mengahrumkan propinsi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *