Achmad Zaky – Cara Berwirausaha

Masih dalam acara Student Vaganza, Sabtu, (13/2), Achmad Zaky (CEO Bukalapak.com) sampaikan cara berwirausaha. Mulai dari cari partner yang cocok, dan yang beda profesi. “Seperti kami di Bukalapak.com tiga pendiri utama beda profesi, jika keahliannya sama bisa bertengkar, maka carilah yang kenal, dekat dan cocok, jadi kompak dan saling percaya,” tuturnya.

Tips memulai usaha ala Zaky antara lain mulai langsung, fokus ke jatidiri, semua bisa jadi peluang dan professional. “Ketika memulai usaha dari muda, belum ada beban dan tanggungjawab,” dan “Waktu muda sudah belajar dari banyaknya kegagalan, sehingga sudah banyak pengalaman.”

Fokus ke jatidiri membutuhkan proses yang lama. Harus tekun menjalani dan harus memilih diantara usaha yang banyak. “Itu wajar terjadi, ketika memulai sebuah usaha, dan saya dulu mengalaminya, jika tidak dipilih menjadikan tidak fokus dan tidak professional,” tambahnya.

Peluang bisa dilihat dari segalanya. Jika dipikir dengan serius, semua bisa jadi peluang. Ketika memulai usaha jangan hanya menganalisa atau survei. “Karena bisa jadi peluang kita ada disana,” tegasnya.

Perlu adanya skill bisnis, profesional dan sahabat. “Saya prinsipnya, jika teman dekat ingin hutang tidak saya kasih, malah saya kasih ke yang lain, karena prinsip saya bisnis, jika teman dan bisnis berjalan selaras akan lebih baik,” tutupnya.

Reporter : Sofiah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *