Kacau Balau Antrian Gate Pass UIR

Akses keluar masuk kendaraan Universitas Islam Riau (UIR) dengan sistem Gate pass masih belum efektif, terlihat masih panjangnya antrian mahasiswa di pintu keluar gerbang depan dan samping Pasca Sarjana, Jumat (20/10).

Menurut keterangan dari Ulfa Hidayah—Petugas Gate Pass— sebelumnya  Gate Pass mengalami masalah pada sistem kinerjanya, yaitu sempat tersambar petir beberapa waktu lalu sehingga menyebabkan sistem kinerja terhambat sampai saat ini, tidak hanya itu sistem kerja Gate Pass juga tidak dapat membaca Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) bagi mahasiswa baru, sehingga mahasiswa baru yang hendak keluar harus meminta izin untuk meminjam kartu petugas agar dapat keluar.

Bahkan ada mahasiswa yang meminjam KTM temannya yang baru melintas, kejadian itu sering terlihat dan ditegur oleh petugas namun tetap saja mahasiswa tidak mendengarkan, sehingga hal itu terjadi berulang-ulang di depan pintu keluar Gate Pass.

“Banyak mahasiswa yang tidak membawa KTM hendak keluar sehingga antrian pun semakin panjang terkadang mahasiswa baru tidak mau mengurus KTM nya dengan berbagai alasan padahal sudah sering diperingati tapi tidak digubris,”  ujar Ulfa.

Pelang Gate pass pun sempat hampir membahayakan orang yang hendak melintas, seperti yang pernah di alami oleh Mahera Yani Siregar Mahasiswan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) semester 5, ketika baru menempelkan KTM, pelang Gate Pass terbuka dan Mahera hendak melintas, namun belum sempat melewati, pelang sudah tertutup kembali sehingga Mahera hampir terjatuh, “seandainya terjatuh mungkin sakitnya tidak seberapa namun malunya ini, untung saja tidak terjatuh” ujarnya.

Untuk kedepannya Ulfa berharap agar semua mahasiswa UIR dapat menggunakan KTM nya masing-masing dengan baik, dan mengurus KTM nya jika bermasalah saat hendak keluar agar membantu efektifnya Gate Pass dan mengurangi antrian panjang.

 

Reporter : Murni (Magang)

Editor : Arniati Kurniasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *