Inovasi Baru Pustaka UIR

Pustaka Universitas Islam Riau (UIR), saat ini sudah melakukan perubahan, termasuk struktur, sistem peminjaman, dan fasilitas yang terdapat di dalamnya.

Struktur Pustaka UIR terdiri atas Rektor kemudian disusul oleh Wakil Rektor 1 (WR 1), selanjutnya kepala Pustaka, beberapa kasubag yang terdiri atas lima bagian dan dibawah susunan tersebut terdapat staff.

Kepada Aklamasi Mahyulis–kepala Pustaka UIR–menjelaskan prosedur yang digunakan saat peminjaman buku dari Pustaka, yaitu seminggu peminjaman pertama gratis dengan menggunakan kartu pustaka yang didaftar terlebih dahulu.

Pembuatan kartu pustaka dikenai biaya sebesar 10.000 Rupiah, kemudian peminjaman buku Skripsi dikenai biaya sebesar 2.000 Rupiah perhari.

Jumlah buku yang ada di dalam pustaka tersebut yaitu sekitar 30.000 judul buku, total dari buku-buku yang baru, karena buku yang lama sudah tidak lagi dipakai, kemudian masuk ke dalam arsip pustaka.

Buku-buku tersebut diperoleh dari sumbangan nasional ataupun daerah, kemudian tambahan dari masyarakat serta Mahasiswa yang mempunyai berbagai buku-buku dan membagikannya kepada pustaka.

Selain itu, peminjaman Skripsi juga sudah mulai dibuat dengan menggunakan teknologi digital seperti E-book, Mahasiswa semester atas sudah bisa membukanya tetapi file tersebut tidak bisa di salin, dan rencana skripsi versi digital tersebut belum terlalu lancar karena kendala dari pembuatannya yang rumit.

Pustaka di Universitas Islam Riau ini memiliki fasilitas juga seperti dilantai 3 sudah disediakannya meja-meja lesehan agar mempermudah Mahasiswa berdiskusi serta suasana yang terdapat dalam pustaka juga nyaman, bersih dan tenang.

Mahyulis juga menambahkan, pengembangan yang terdapat di lantai 3 sudah berjalan sekitar 75%, dan akan ada lagi penambahan fasilitas, “beberapa meja yang terdapat dilantai 3 itu ada yang masih kosong, tetapi insha Allah akan kami tambahkan komputer kedalamnya,” jelasnya.

Selain itu, pihak Pustaka juga sudah mencoba untuk menarik minat mahasiswa agar lebih sering mengunjungi pustaka ini, dengan membuat beberapa baliho yang terletak di lantai 1 Pustaka.

Dan, data dari Pustaka, untuk saat ini pengunjung yang datang sekitar 100 orang atau lebih perharinya.

Reporter : Asri Agustin (magang)
Editor       : Tomy Erikson Ginting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *