UKM Baru Sebagai Wadah Kreatifitas Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Islam Riau (UIR) kini melakukan penambahan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka. Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 362/UIR/KPTS/2017 UKM baru ini diketuai oleh Dwi Surya Pamungkas mahasiswa Fakultas Teknik (FT) jurusan  Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK). Rabu, (28/2).

Ir. Rosyadi, M.Si Wakil Rektor (WR) III bidang Kemahasiswaan dan Alumni membenarkan adanya pembentukan UKM tersebut, pembentukan itu bertujuan agar mahasiswa yang memiliki minat pramuka sejak sekolah dapat kembali menyalurkan bakatnya tanpa harus dari instansi lain, “ karena sebelumnya mahasiswa kita jika ikut perkemahan selalu membawa nama instansi lain, jadi kita buat UKM sendiri” ujar Rosyadi.

Rosyadi juga menambahkan untuk mahasiswa yang ingin bergabung dengan UKM ini tidak melulu yang sejak awal sudah ikut pramuka “ kalau ada yang mahasiswa yang belum pernah ikut pramuka tapi ingin bergabung, itu akan dipertimbangkan” tambahnya

dalam pembentukan UKM ini banyak kendala sehingga terjadi penundaan pembentukan, seperti yang di jelaskan Dwi, “sudah ingin dibentuk tahun 2008 namun karena banyak kendala ditunda lagi tahun 2014 dan akhirnya resmi pada 24 november 2017” ungkap Dwi

Selain itu, Dwi juga katakan pembentukan UKM pramuka ini sangat penting, mengingat banyak mahasiswa yang berbakat dalam bidang pramuka namun belum ada wadah untuk menyalurkannya, “ ada banyak UKM di UIR yang bisa menjadi wadah bagi mahasiswa namun untuk pramuka belum ada, maka itu kita bentuk” jelas Dwi.

Untuk anggota Dwi ungkapkan bahwa saat ini jumlah pengurus UKM sebanyak 35 orang dari berbagai fakultas di UIR. Namun, untuk anggota Pramuka belum diadakan recruitment pasalnya belum ada membentuk Gugus Depan (Gudep). Karena sebelumnya pramuka UIR bergabung dengan Universitas Riau (UR) dan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) sehingga sekarang UIR harus membentuk Gudep sendiri dan mendaftar di Kwaran Cabang (Kwarcab).

Sementara itu, Rosalia mengaku belum tahu adanya UKM baru namun dia sangat setuju jika UIR membentuk UKM Pramuka di kampus “ saya belum tahu kalau ada UKM baru, namun jika memang benar sudah dibentuk saya  setuju, selagi itu positif dan bisa menambah kreatifitas kenapa tidak” ucap mahasiswa semester dua Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol).

 

Reporter : Yenny Elvira (Magang)

Ilustrasi : M. Arif Budiman

Editor : Arniati Kurniasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *