Kepengurusan Baru AKLaMASI dan Tantangan di Tengah Pagebluk


Penulis: Gerin Rio Pranata


Nahkoda kepengurusan Media Mahasiswa AKLaMASI Universitas Islam Riau (UIR), resmi berganti setelah dilakukan Musyawarah Redaksi (Musred) secara Dalam Jaringan (Daring). Musred ini dilakukan pada Minggu, 22-23 Agustus 2021.

Berdasarkan Ketetapan Musyawarah Redaksi Media Mahasiswa AKLaMASI UIR Nomor: 06/TAP/MUSRED/AKL-UIR/2021, kepengurusan baru dinahkodai oleh Gerin Rio Pranata sebagai Pimpinan Umum, Rahmat Amin Siregar—Pimpinan Redaksi, dan Pimpinan Usaha—Arif Widyantiko. Sementara itu, Salma Siregar ditetapkan sebagai Sekretaris Umum dan Rizka Yani sebagai Manajer Keuangan. 

Akibat pagebluk Corona Virus Disease-19 saat ini, teknis pelaksanaan Musred juga berbeda dari tahun sebelumnya. Selain dilakukan secara Daring, agenda Musred ini hanya berfokus pada Laporan Penanggung Jawaban (LPJ) pengurus AKLaMASI periode 2019-2021 dan pemilihan pengurus baru. Pedoman Dasar Peraturan dan Manajemen Organisasi nantinya akan dibahas oleh pengurus baru.

Dihadiri oleh Dewan Redaksi, Dewan Senior, pengurus AKLaMASI, kru tetap, dan juga kru magang. Di hari pertama, pemaparan LPJ pengurus berjalan cukup alot dan penuh kritikan dari peserta sidang.

Salah satu hal yang menuai banyak kritikan dari para alumni yaitu, masalah pengkaderan yang terdapat di dalam tubuh AKLaMASI. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kepengurusan ini menjabat selama 2 tahun namun tidak melakukan pengkaderan sekalipun. Tentu saja hal ini menjadi tantangan bagi kepengurusan selanjutnya, terlebih seluruh kegiatan kemahasiswaan masih berlangsung secara Daring.

Direktur AKLaMASI Institute, Mesy Azmiza Azhar mengatakan terdapat program kerja yang telah disusun sebelumnya. Namun, komunikasi dan jarak menjadi faktor utama tidak terealisasikannya program tersebut.

“Open rekrutmen yang biasanya menjadi wadah bagi calon kader-kader baru pun tak dapat terlaksana akibat pandemi” tungkasnya.

Laras Olivia, Pimpinan Umum AKLaMASI 2017/2018 mengucapkan selamat dan terima kasih kepada pengurus baru yang terpilih. Laras juga berpesan agar semangat dalam melanjutkan estafet kepengurusan. 

“Kepada Pimpinan Umum baru, semoga bisa menahkodai awak kapalnya dengan selamat sampai tujuan. Kekuatan terbesar bukanlah dari banyaknya jumlah orang, namun berasal dari dalam hati dan pikiran,” tutupnya.


Editor: Rahmat Amin Siregar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *