Sidang Istimewa Senat: Capaian dan Harapan Kepada UIR


Penulis: Rizka Yani


Universitas Islam Riau (UIR) menggelar sidang istimewa senat dalam rangka milad ke-59 tahun di gedung auditorium Rektorat pada Sabtu (04/09). Sidang senat ini diketuai oleh rektor UIR Prof. Dr. Syafrinaldi, S.H., MCL.

Dalam pidatonya, Syafrinaldi menyampaikan perkembangan dan capaian UIR selama usia 59 tahun, diantaranya jumlah dosen saat ini. UIR memiliki 12 guru besar, dan 159 doktor dari 549 orang dosen.

Selain itu, Syafrinaldi menyampaikan pada wisuda periode kedua tahun 2021 ini, UIR akan mewisudakan sebanyak 2.034 orang mahasiswa, ini merupakan jumlah lulusan tertinggi dari tahun-tahun sebelumnya. Keberhasilan ini, menurutnya, tidak terlepas dari kerja keras pimpinan setiap fakultas sarjana dan pascasarjana serta seluruh civitas akademika yang telah menjalankan tugas dan tanggungjawab dengan baik. 

“Harapan kedepannya jumlah lulusan tepat waktu dapat terus meningkat dan semoga di waktu mendatang, jumlah dosen yang menyelesaikan studi lanjut S3 baik didalam maupun diluar negeri terus bertambah” tuturnya.

Syafrinaldi juga membahas mengenai peningkatan anggaran dari tahun sebelumnya. Surplus Anggaran UIR tahun 2020/2021 yang sebelumnya berada di kisaran angka Rp. 58 juta meningkat menjadi Rp. 15.4 milyar lebih. Ini merupakan surplus terbesar yang pernah diraih Universitas Islam Riau.

Di Akhir pidatonya, Syafrinaldi berharap kedepannya Civitas Akademika UIR dapat bekerjasama lebih baik lagi agar dapat mewujudkan visi 2041.

“Menjadi universitas islam berkelas dunia berbasis iman dan takwa. Serta memperbaiki kekurangan kedepannya dan saling mendukung satu sama lain” tutup Syafrinaldi.

Ketua umum Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Dr, H, Nurman, Sos,. M.Si juga turut mengucapkan selamat milad kepada UIR dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pimpinan dan Civitas Akademika. Nurman juga menyampaikan selama perjalannya UIR sudah mengalami 3 bentuk kepemimpinan.

“Pertama dewan rektor periode 4 September 1962-1965, kedua kepemimpinan presidium periode 21 Mei 1965-1982, dan ketiga kepemimpinan rektor periode 1982- sekarang.” Jelas Nurman dalam sidang istimewa senat ini.

Harapan dan doa juga datang dari Adinda Oktari, mahasiswi Administrasi Bisnis ini berharap agar UIR terus meningkatkan prestasi dalam berbagai bidang.   

“Saya berharap agar kualitas pendidikan lebih ditingkatkan lagi, terutama pada masa belajar dari rumah. Perlu inovasi-inovasi baru dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan tersebut” ujar mahasiswa semester lima tersebut.


Editor: Rahmat Amin Siregar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *