Sering Keliru, Inilah Bedanya Promo dan Diskon

Pada hari-hari biasa, ada banyak sekali pengunjung di pusat perbelanjaan. Anda pun sering melihat berbagai iklan belanja seperti promo dan diskon di pusat perbelanjaan? Lalu, apa beda promo dan diskon itu sendiri?

Apalagi di hari besar ataupun akhir pekan, banyak toko memberi diskon besar-besaran. Tentu ada banyak alasan di baliknya. Para pengusaha tidak kehabisan akal untuk menarik pembeli.

Para pelaku usaha selalu meningkatkan layanan dengan mengadakan promosi dan diskon spektakuler. Tujuannya tentu saja membuat konsumen melirik produknya dan berniat untuk membeli. Di sisi lain, keduanya juga bertujuan untuk meningkatkan persaingan para pelaku usaha dalam dunia bisnis 

Awas Keliru, Inilah Bedanya Sebutan Promo dan Diskon

Jika berbicara mengenai kedua istilah ini, tentu keduanya sudah sangat akrab di telinga ketika Anda belanja online maupun offline. Keduanya sama-sama identik dengan potongan harga atas barang belanjaan. Lalu, apa beda promo dan diskon?

Supaya Anda tidak keliru antara keduanya, perhatikan perbedaan utama promo dan diskon berikut ini.

Promo

Terdapat beberapa pengertian promo atau promosi. Menurut penulis buku Strategi Pemasaran, Fandy Tjiptono mengungkapkan promosi ialah komunikasi pemasaran yang dilakukan dengan tujuan menyebarkan informasi, membujuk, mempengaruhi, atau bahkan meningkatkan target pasar. Tujuannya adalah supaya masyarakat bisa menerima, membeli, serta bersikap loyal atas produk yang perusahaan tawarkan.

Sedangkan Indriyo Gitosudarmo meyakini promosi menjadi kegiatan yang dilakukan guna mempengaruhi calon konsumen. Tujuannya yaitu supaya mereka bisa mengenal produk yang perusahaan tawarkan dan menjadi tertarik untuk membeli produknya.

Berbeda dengan Indriyo, Harper Boyd mendefinisikan promosi adalah upaya yang dilakukan dalam dunia usaha. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk tujuan membujuk ataupun mempengaruhi konsumen supaya bersedia menerima produk, konsep maupun gagasan

Dapat diartikan, promo atau promosi mempunyai arti sebagai sebuah kegiatan yang bertujuan untuk menarik konsumen supaya tertarik untuk membeli produk perusahaannya.

Harga promo merupakan harga yang ditetapkan atas produk ataupun jasa dengan harapan dapat meningkatkan penjualan. Harga promo sendiri biasanya diberikan dengan lebih murah dibanding harga normal.

Tujuannya yaitu untuk menarik minat konsumen atas barang atau jasa yang perusahaan tawarkan. Barang promo seringkali merupakan barang yang masih baru, namun belum terlalu dikenal oleh masyarakat.

Barang promo biasanya dilengkapi cara khusus oleh petugas promosi yang memang sudah dilatih untuk meyakinkan konsumen. Jadi, mereka benar-benar tertarik dan beralih menjadi pembeli atau pelanggan.

Adapun jenis-jenis promo; promo buy 1 get 1, kode promo, paket bundling, flash sale, dan promo cashback.

Diskon

Lebih lanjut, promo juga erat kaitannya dengan diskon. Mengacu pada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) diskon diartikan potongan harga. Namun, Tjiptono mendefinisikan diskon sebagai bentuk potongan atau penurunan harga yang diberikan oleh pihak penjual pada pihak pembeli. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan, karena telah melakukan aktivitas menyenangkan dari pembeli pada pihak penjual.

Sedangkan Suhardi Sigit menjelaskan diskon sebagai suatu pengurangan harga yang telah ditetapkan dengan alasan calon konsumen mampu memenuhi syarat penjual yang mereka tetapkan sebelumnya.

Diskon seringkali diberikan atas produk lama yang tujuannya untuk menghabiskan stok yang masih tersisa, menjual produk yang kurang laku, serta meningkatkan penjualan.

Pemberian diskon seperti pemotongan harga yang keuntungannya bisa secara langsung dinikmati oleh para konsumen. Adapun faktor yang membuat produk didiskon yaitu, expired atau cuci Gudang. Diskon juga seringkali diberikan untuk semua pelanggan, tanpa menerapkan syarat atas kepemilikan kartu kredit atau e-wallet tertentu.

Adapun jenis-jenis diskon yaitu, diskon persentase, diskon pengurangan harga, diskon kuantitas, diskon musiman, gratis hadiah, gratis ongkir, dan diskon untuk produk khusus.

Jadi bisa disimpulkan, jika diskon merupakan sebuah potongan harga dari penjual atas barang-barang yang dianggap kurang laku di pasaran atau atas barang yang masih tersisa.

Secara singkat, beda promo dan diskon adalah soal tujuan dan penentuan harga barang. Di mana diskon adalah potongan yang di berikan untuk pelanggan guna menghabiskan stok yang tersisa.

Sementara promo merupakan penurunan harga melalui penginformasian atau promosi tentang barang tertentu guna menarik minat pembeli atas barang baru atau belum terlalu dikenal.

Diskon maupun promo memang sering kita jumpai bertebaran di berbagai pusat perbelanjaan, baik itu toko online maupun offline. Kehadirannya senantiasa mengikuti langkah kita saat sedang berbelanja.

Tidak heran jika kini banyak yang masyarakat yang mengincar promo maupun diskon khusus ketika berbelanja untuk kebutuhan. Seperti halnya saat berbelanja di Blibli. Pasalnya, Blibli adalah salah satu marketplace yang ternama dan seringkali memberikan banyak Promo diskon besar-besaran.

Bersama Blibli, berbagai produk kebutuhan rumah tangga maupun gaya hidup, bisa Anda dapatkan dengan potongan harga yang besar!


Editor: Gerin Rio Pranata

Foto: Pexels.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *