AJI Kampanyekan Speak Up di CFD

 

Berfoto : Seorang pengunjung CFD pamerkan poster dari AJI, Minggu (3/5)
Berfoto : Seorang pengunjung CFD pamerkan poster dari AJI, Minggu (3/5)

Memperingati hari kebebesan pers se-dunia, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) se-Indonesia adakan kegiatan kampanye dengan mengusung tema Speak Up. Kali ini, AJI Pekanbaru kampanyekan speak up saat car free day (CFD) berlangsung di Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Minggu (3/5) bersama Forum Pers Mahasiswa se-Riau.

Dengan spanduk berlatar merah yang bertuliskan Speak Up, AJI kampanyekan stop kekerasan pada wartawan. Ahlul Fadli, anggota Fopersma (Forum Pers Mahasiswa) sekaligus Pemimpin Umum Lembaga Pers Mahasiswa Bahana Universitas Riau (UR) mengatakan, banyak kasus kekerasan terjadi pada jurnalis di Indonesia, salah satunya di Riau, seperti kasus Udin yang juga belum selesai.

”Jangan ada kriminalisasi jurnalis oleh pihak polisi,” kata Fakhrurrodzi, ketua AJI Pekanbaru. Menurutnya, AJI juga harus kampanyekan perusahaan pers agar berikan honor pada jurnalisnya dengan layak, karena standar upah minimum regional (UMR) tidak sesuai bagi wartawan.

”Jangan gaji mereka dengan standar UMR, perusahaan pers harus gaji wartawan dengan pertimbangkan kesejahteraan wartawan, agar perusahaan tetap profesional,” ujarnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *