Asah Kreatifitas, Mahasiswa Melukis Di Dinding

Aklamasi.net, Pekanbaru – Mural of engineering atau yang disebut lukisan dinding dari teknik, perdana diadakan diUIR (Universitas Islam Riau).
Ditaja oleh MAPEDALLIMA HANGTUAH (Mahasiswa Peduli Alam Lingkungan Masyarakat Hangtuah) Fakultas teknik UIR.
Bertempat di bassement fakultas teknik, dibuka sabtu, (9/12).

Kegiatan acara diisi dengan kegiatan kreatif menggoreskan kuas didinding basement parkir tersebut, menjadi lukisan yang beragam pola dan bentuk.

Peserta tampak antusias dalam menuangkan karyanya

Panitia kegiatan diketuai oleh Fitra Hadi–mahasiswa teknik perminyakan (UIR) yang juga anggota dari Mapedallima hangtuah.
Kepada Aklamasi Fitra katakan bahwa dalam pelaksanaan ia bersama panitia yang lain tidak kesulitan dalam menjalankan kegiatan, karena Ir. Syawaldi, M.Sc–WD III (Wakil Dekan III) Fakultas teknik, telah membicarakan kepada mereka untuk mengecat tembok areal parkiran lantai dasar gedung D teknik.

Dipilihnya Mapedallima, Fitra katakan karena WD III ingin melihat kinerja mereka didalam kampus. “Organisasi ini bersifat pencinta alam dan selalu bergerak di luar kampus, oleh karena itu beliau ingin melihat kinerja kami di dalam kampus, karena kegiatan ini juga bersifat mencintai alam dengan cara memperindah lingkungan fakultas teknik.” Jelasnya.

Seluruh jurusan di fakultas teknik mengikuti kegiatan ini. Antara lain teknik Geologi, teknik mesin, teknik Sipil, teknik Informatika, teknik perencanaan wilayah dan kota, teknik Perminyakan, dan Aklamasi salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UIR ikut serta.

Setiap tim memiliki ketua masing-masing yaitu yuda junianda ketua jurusan Teknik Perminyakan, Teknik Informatika diketuai Alfid Wira Jaya, Teknik Planologi diketuai oleh Hari Wibowo,Teknik Geologi diketuai oleh Susilo, Teknik Sipil diketuai oleh Wan Erhan Habib,Teknik Mesin diketuai oleh Yoga, dan Aklamasi diketuai oleh Muhammad Arif Budiman.

Dari setiap tim ikut berpartisipasi karena ingin menunjukkan jurusan dan bakat seni mereka di fakultas tersebut.

Setiap peserta dipersilahkan untuk melukiskan karyanya masing-masing. Aklamasi mengangkat tema tentang jurnalis, dan menggunakan warna dasar hijau karena UIR dominan warna hijau yang menggambarkan kesejukan. Kru juga membuat gambar seperti jalaran akar menggunakan warna merah kekuningan seperti api yang melambangkan keberanian dalam mengkritik dan membongkar suatu kasus, aklamasi juga mengangkat satu karakter yang diberi nama Akla dan beberapa alat yang digunakan dalam kegiatan jurnalistik serta infografis mengenai Aklamasi.

Sedangkan setiap jurusan di Fakultas Teknik yang ikut serta, mereka menggambarkan setiap ikon yang berhubungan dengan jurusan dan menjadi identitas jurusan mereka, seperti jurusan Perminyakan menggambarkan sebuah mesin pemompa minyak, teknik Informatika menggambarkan tentang media informasi, aplikasi, dan media sosial yang sering digunakan seperti whatsap, line, bbm ,instagram ,twitter, youtube dan yang lainnya.

Teknik perencanaan wilayah dan kota menggambarkan suatu kota yang disusun diatas telapak tangan seolah olah kota tersebut digenggam menjadi satu. Teknik geologi menggambarkan alam yang mereka pelajari dalam perkuliahan mereka seperti, gunung,hutan,mtahari dan yang lainnya. Teknik sipil menggambarkan sebuah kontraktor bangunan yang menjadi alat mereka ketika bekerja di lapangan, dan teknik mesin menggambarkan piston bernuansa monster yang menandakan bahwa anak mesin itu kuat, dan sebuah konstruksi mesin yang digabungkan.

Hasil karya kru Aklamasi

Alfid Wira Jaya ketua tim jurusan Teknik Sipil merasa senang mengikuti kegiatan ini karena dia sudah sering melukis dan mengikuti lomba melukis dikertas dan baru pertama kalinya melukis didinding. “Saya jadi merasa tertantang untuk ikut serta, dan juga ingin berbagi ilmu kepada tim.” Ujarnya.

Seluruh tim diberi fakultas dua hari untuk menyelesaikan gambarnya masing masing, pada hari minggu semua tim mampu menyelesaikan karya mereka dengan baik dan senin (11/12), penutupan acara sekaligus pengumuman pemenang.

Dalam sambutannya di penutupan acara, WD III Fakultas mengaku senang hasil buah karya dari mahasiswa ini, dan menghimbau agar kegiatan ini dilaksanakan lebih luas lagi baik ditingkat fakultas atau bahkan kampus. “Agar lebih memperkenalkan kampus UIR lebih luas lagi.” Ujarnya.

Pengunguman pemenang, teknik Perencanaan wilayah dan kota mampu menarik perhatian juri sehingga membut karya mereka menjadi juara satu,sedangkan juara dua diraih oleh teknik perminyakan dan juara tiga diraih Teknik Informatika.


Reporter : Janaek simarmata (magang)
Infografis : M. Arif budiman
Editor : Tomy ginting

 

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *