Pemilihan Gubernur Mahasiswa Fisipol Terlaksana Secara Demokratis

Oleh : Marleni Rahayu


Pemilihan  Raya (Pemira) calon Gubernur dan Wakil Gubernur Mahasiswa dilakukan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Riau (Fisipol UIR), Rabu (13/11). Setelah tahun sebelumnya pemilihan dilakukan secara aklamasi. Namun, tahun ini Pemira Fisipol diadakan secara demokrasi dengan pemilihan langsung.

Terdapat dua pasangan calon gubernur tahun ini, yakni Zamzami Syarif selaku calon gubernur serta Rido Idham calon wakil gubernur pasangan calon 01 dan Ferdian Mahatma Putra dan wakil Rizki Syaputra sebagai pasangan calon 02.

Edwardo Saputra selaku ketua pelaksana Pemira, mengatakan bahwa pemilihan tahun ini lebih kiat pada bagaimana agar mahasiswa tidak golput, yaitu dengan cara melakukan sosialisasi ke kelas-kelas dan memberikan Giveaway seratus ribu rupiah untuk 2 orang pemenang yang meng-upload foto bukti telah memilih di sosial media. Tak hanya itu, ia mengungkapkan langkah agar tak terjadinya kerusuhan dalam pemilihan gubernur “Langkah pertama yaitu saya memilih mahasiswa pria sebanyak 21 sebagai divisi keamanan”.

Di awal pelaksanaan pencoblosan sempat terjadi sedikit kericuhan oleh mahasiswa yang sudah berdesak-desakan mengantri untuk mencoblos. Namun divisi keamanan mampu melerai dengan sigap dan kericuhan hanya berlangsung sebentar saja.

Optimisme kemenangan ditunjukkan oleh kedua pasangan calon yakni pasangan calon 01, Zamzami Syarif mengatakan bahwa ingin merangkul mahasiswa Fisipol UIR agar menjadi mahasiswa yang aktif dan tidak apatis. Tak kalah optimis juga ditunjukkan oleh pasangan calon 02 Ferdian Mahatma Putra yang mengatakan bahwa ia telah memiliki pengalaman serta mengetahui dinamika Fisipol sehingga layak menang.

Antusiasme ditunjukkan oleh mahasiswa Fisipol dalam melakukan pemilihan gubernur. Salah satunya Dita Amelia, ia mengatakan bahwa sebagai mahasiswa Fisipol dimana bidang sosial seharusnya aktif dan tidak apatis. Ia juga berharap bahwa siapapun pemenang dalam pemilihan gubernur adalah sosok yang dapat menyampaikan aspirasi mahasiswa.

Dalam Pemira kali ini dimenangkan oleh pasangan calon 01 dengan jumlah suara 491 sedangkan pasangan calon 02 mendapatkan suara sebanyak 469 dan 140 suara terhitung hangus.


Editor : Janaek Simarmata
Foto : Sarah Levia


Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *