LDIK Buka Workshop Untuk Pembekalan Tajwid Al-Qur’an


Oleh : Syamsul Hidayat


Lembaga Dakwah Islam Kampus (LDIK) Universitas Islam Riau (UIR) buka Workshop Pembekalan Dasar untuk Mentor BBQ (Bimbingan Baca Qur’an) T.A 2019/2020 di Aula Fakultas Hukum ruangan 108. Berlangsung selama dua sesi. Sesi pertama Pukul 08.00-12.00 WIB dengan 73 peserta,  dan Sesi kedua Pukul 13.00-16.00 WIB, dengan 72 peserta. (26/11).

Workshop ini bertujuan untuk Pembekalan serta Muraja’ah tajwid Qur’an kepada Mentor sebelum turun ke Mahasiswa. Kurangnya pengetahuan Mahasiswa baru terkait pentingnya sertifikat dari LDIK untuk ujian sidang  (Kompre)  menjadi masalah yang dihadapi oleh Para Mentor T.A 2019/2020.

Tergantung keadaan dan Anggaran, Tapi jika memang workshop ini perlu dan didukung oleh Rektor, kita adakan setahun sekali atau satu semester sekali”.
Ujar Dr. Zulhelmy, SE.,M.Si.,Ak.,C.A, selaku Ketua LDIK.

Ardi – Mentor sekaligus Peserta Workshop mengatakan kegiatan ini sebagai Pembekalan Tajwid Al-Qur’an, sistem Mentoring, Metode yang akan digunakan dalam BBQ.

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor tahun 2018, mahasiswa diwajibkan memiliki Sertifikat sebelum Ujian Sidang (Kompre). Dan sebelum dikeluarkan SK Rektor tersebut, mahasiswa diwajibkan memiliki sertifikat BBQ.

“Mentoring dilakukan oleh masing-masing Fakultas di lingkungan UIR. Tapi dalam perjalanannya, hanya beberapa Fakultas yang melakukan Tes BBQ dilakukan di kantor LDIK. Setelah dikeluarkan SK Rektor, LDIK membentuk tim mentor untuk melakukan tes BBQ. Jika tidak lulus, Mentor harus membina mahasiswa sampai lulus”. Tambah Zulhelmy.


Editor : Fadhli Abi Rafdi

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *