Wisata Kebun Binatang Kasang Kulim

Hari libur dambaan setiap orang, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua sekalipun. Setiap orang mempunyai cara khusus untuk menikmati hari libur, ada yang memanfaatkan liburan dengan cara pergi makan, ke mall, nonton di bioskop, kebun binatang, pantai maupun gunung.

Merujuk pada masyarakat Riau, yang wilayahnya hampir di isi oleh lahan sawit, kecuali ibukotanya yaitu Pekanbaru yang sudah berdiri dengan bangunan nan kokoh menghiasi setiap sudut jalan. Dimanakah masyarakat memanfaatkan liburannya?

Tak perlu resah, dekat dengan kota Pekanbaru, tepatnya di di Jalan H. Usman No.1 Kubang Jaya Kubang, Siak Hulu, Kampar, Riau terdapat Kebun Binatang Kasang Kulim. Kebun binatang tersebut merupakan salah satunya yang ada di Provinsi Riau dan milik pribadi.

Dibuka oleh Bupati Kampar Saleh Hasim pada 1994. Lalu pada 1998 diserahkan kepada anaknya Agustina hingga sekarang. Jumlah pegawai 32 dengan dibantu masyarakat setempat. Seluas 11 hektar. “Dulu orangtua saya bilang 17 hektar, namun setelah diukur ulang 11 hektar,” ungkap Agustina.

Kebun binatang tersebut sebagai lembaga konservasi. “Kebun binatang tersebut ini binaan dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau (BKSDA Riau) kedatangan satwa baik melahirkan, sehat, sakit, dan mati harus di lapor ke BKSDA,” dan “ Mengikuti Perhimpunan Kebun Binatang se-Indonesia.”

Tiket masuk kebun binatang bervariasi, untuk anak-anak dikenakan biaya Rp 10.000 ribu sedangkan dewasa Rp. 25.000. tanpa dikenai biaya parkir lagi. Pengunjung bisa langsung menyusuri dan melihat berbagai macam jenis binatang di dalamnya. Terdapat  karnivora, herbivora, primata dan aves dengan 32 jenis hewan dan total 132.

Kebun binatang tersebut bersifat education. Mengenalkan berbagai macam jenis binatang kepada anak sekolah. Diberi nama wisata alam. “Tergantung cuaca, jika musim kemarau hampir setiap hari, jika musim hujan banyaknya pengunjung daerah sekitar Pekanbaru,” jelasnya.

Selain itu juga terdapat fasilitas seperti taman bermain, taman pancing, Kuda tunggang, Gajah tunggang, outbond, kolam renang dan panggung hiburan. Selain panggung hiburan pengunjung dikenakan biaya kembali sesuai dengan minatnya. Selamat menikmati hari libur anda, semoga menyenagkan.

 

Reporter : Laras Olivia dan Sofiah

Editor : Sofiah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *