Bimbingan Baca Al Qur’an

Rabu (4/10), Mahasiswa Fakultas Ekonomi (Fekon) Universitas Islam Riau (UIR) adakan pawai mengitari lingkungan kampus untuk menyuarakan kegiatan Bimbingan Baca Al-Qur’an (BBQ). Kegiatan ini merupakan agenda tahunan, yang bekerja sama dengan Forum Studi Islam Asabil (FSI) dan Forum Studi Ekonomi Islam (FSEI). Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membaca al qur’an, kegiatan tahunan ini wajib diikuti oleh mahasiswa baru Fekon.

Selesai pawai peserta diarahkan masuk ke Gelanggang Olahraga voli (Gor), untuk melanjutkan kegiatan (BBQ). 810 mahasiswa baru mengikuti acara ini, dengan dihadiri oleh Drs.Abrar,Msi.Ak.Ca,-Dekan Fekon— Wakil Dekan I (WD) DR.Firdaus AR, SE.,Msi.,Ak.Ca dan WD III, Drs.Asril.MM.  Selain itu acara ini juga mendatangkan hafiz cilik, Muhammad Alif  Alfatan dan Mar’ahtusholeha yang mampu menghafal 5 jus walau masih kelas 2 Sekolah Dasar.

Menurut Wan M. Johan, selaku Ketua Pelaksana, acara ini diadakan karena melihat semakin banyak umat muslim di Indonesia yang buta aksara al-qur’an jadi, dengan diadakannya kegiatan ini mahasiswa mampu membaca dan menghafal al-qur’an dengan baik.

Johan jelaskan acara ini mahasiwa dituntut agar mampu membaca al-qur’an, dan setelah selesai acara ini mahasiswa baru akan dibagi menjadi 40 kelompok yang terdiri dari,20 kelompok ikhwan dan 20 kelompok akhwat, setiap kelompok akan memiliki satu mentor tetap yang telah ditentukan oleh FSI Asabil. Mahasiswa yang mengikuti BBQ harus menghadiri maksimal 24 kali pertemuan, dan diakhir pertemuan mahasiswa harus mengikuti tes baca al-qur’an serta mendapatkan sertifikat BBQ.

“Sertifikat itu dipergunakan untuk syarat mengajukan proposal skripsi, sedangkan bagi mahasiswa non muslim, mereka harus mengikuti kegiatan kewirausahaan dan mereka harus mendapatkan sertifikat kewirausahaan tersebut untuk mengajukan proposan skripsi” ujarnya.

Oci mahasiswa Akuntasi Fekon, merasa sangat senang dengan adanya kegiatan ini,”acaranya bagus, kegiatan yang positif dan dapat menyadarkan kita dan agar lebih mencintai al-quran, acaranya juga diselingi dengan game jadi tidak membosankan” ungkapnya.

 

Reporter: Janaek Simarmata, Venny

Editor: Arniati Kurniasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *