Peralatan Baru Teknik Mesin Dorong Kreatifitas Mahasiswa

Mahasiswa teknik mesin praktek menggunakan peralatan dilabor teknik

Fakultas Teknik mesin Universitas Islam Riau (UIR) mendapatkan peralatan laboratorium baru dari rektorat UIR. Melalui proses pembiayaan tiap semester yang dilakukan mahasiswa fakultas teknik, jurusan teknik mesin.

Dekan fakultas teknik UIR Ir. H. Abdul Kudus Zaini,MT. kepada Aklamasi menjelaskan, sampai saat ini pembayaran dana pemesanan alat mesin dibayar secara bertahap. Dengan cara membayar 50% saat pemesanan, dan 50% saat barang telah diuji coba.

Lebih lanjut ia ceritakan sejak awal berdirinya teknik mesin. Hanya mendapatkan satu bantuan alat praktik dari kementerian pendidikan dan perguruan tinggi (Kemendikti). Yang dikenal dengan alat Komputer numerical Control (CNC). Adapun peralatan lumia yang diberikan rektorat UIR adalah Flow Mea Suring, transformator, getaran mekanik, dan motor bensin.

Ia tuturkan bahwa alat yang diberikan tersebut merupakan peralatan yang sangat dibutuhkan. Untuk menunjang pendidikan di fakultas teknik khususnya teknik mesin. Selain itu, penambahan komponen laboratorium ini telah ditargetkan untuk meningkatkan standar pendidikan dan kualitas mahasiswa UIR. “Sesuai dengan harapan kami perlengkapan laboratorium ini adalah langkah yang tepat untuk menambah pengetahuan mahasiswa menuju dunia kerja.” Ujarnya. Jumat, (26/1).

Eddy Elfiano, S. T., M. Eng, sebagai penanggung jawab laboratorium Teknik mesin UIR. Kepada Aklamasi ia jelaskan, juga memberikan izin kepada mahasiswa yang bukan dari kampus UIR. Untuk menggunakan alat-alat yang terdapat dilabor mekanisme Teknik mesin UIR ini.

Tujuan diizinkannya mahasiswa-mahasiswa dalam menggunakan alat-alat tersebut. Supaya mahasiswa dapat mengembangkan keterampilannya dalam teknisi mesin. Sejak tahun 2017 hingga 2018, fakultas teknik terutama teknik mesin mendapatkan alat-alat baru sebanyak lima perangkat. Pada tahun 2017 teknik mesin mendapatkan satu alat yang disebut pendingin ruangan.

Ir. Rosehan, MT,–dosen universitas tarumanegara Jakarta–mengatakan UIR telah melakukan kerjasama dengan universitas Tarumanegara Jakarta. Dimana kerja sama tersebut mampu menghasilkan alat-alat baru yang ada dilabor teknik sekarang ini.

berkat kerjasama tersebut mampu dihasilkannya alat-alat baru seperti yang didatangkan diUIR saat ini. Ia juga ungkapkan kekagumannya pada fakultas teknik mesin UIR.
“Saya merasa kagum terhadap fakultas teknik mesin UIR, karena memiliki 2 konsentrasi, konsentrasi konversi dan konsentrasi material.” Ujarnya.

 

Reporter : Cahyani (magang)
Editor : Tomy Ginting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *