Loyalitas Dalam Menjalankan Organisasi


Oleh : Johan Hariwitonang


Sabtu hingga Minggu (15-16/02) Media Mahasiswa AKLaMASI Universitas Islam Riau (UIR) adakan camping di Kelurahan Langgam, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan. Selain untuk mempererat hubungan baik antara kru, acara ini juga untuk pengangkatan kru magang menjadi kru tetap.

Sebagian kru sampai di lokasi tujuan pukul 14.30 WIB, perjalanan memakan waktu 2 jam dari Pekanbaru. Beberapa menit sampai di lokasi, peserta menyiapkan makanan dan sebagian lagi menyiapkan tenda, saat sedang bersiap-siap guyuran hujan menyapu areal dan para peserta camping. Kru lain dan alumni yang masih berada di Pekanbaru menyusul, dan sampai di lokasi pukul 19.30 WIB.

Malam harinya (15/02) diadakan rapat evaluasi membahas kinerja para kru selama enam bulan terakhir. Evaluasi terkait perkembangan kru magang yang mengalami kenaikan dan yang masih belum menampakkan kemajuannya selama kegiatan per-magangan. Pengurus dan kru magang sama-sama mengevaluasi satu sama lainnya, apa kendala yang dialami dan masukan agar bisa meningkatkan kinerja di AKLaMASI.

“Selama kalian berada di AKLaMASI, harus tetap aktif menulis walaupun kalian mengikuti organisasi lain. Mengirim tulisan sesuai dengan deadline dan tetap loyal terhadap AKLaMASI.” Ujar Qordawi—Pemimpin Umum AKLaMASI.

Keesokan harinya, Minggu (06/02) merupakan agenda penting dari camping tersebut yaitu pengangkatan kru tetap. Hal ini juga tanpa sepengetahuan kru magang. Qordawi menyuruh semua peserta camping untuk membentuk barisan. Kru magang dan pengurus memisahkan barisan. Qordawi menanyakan diantara kru magang apakah ada yang sudah siap dan merasa pantas diangkat menjadi kru tetap, yang merasa pantas tidak meninggalkan posisi sementara yang merasa tidak pantas mundur satu langkah ke belakang. Semua kru magang mundur dan pemimpin umum mengumumkan dua nama yang menjadi kru tetap yaitu, Johan Hariwitonang dan Salma Siregar.

Pengangkatan kru magang menjadi kru tetap di AKLaMASI harus memenuhi beberapa kriteria, diantaranya paham kaedah-kaedah jurnalistik, harus aktif menulis dan tepat pada deadline yang telah ditentukan, mengikuti kelas mingguan dan mempunyai loyalitas terhadap AKLaMASI.

 “Pada dasarnya, tidak ada kendala yg krusial, Hanya saja beberapa pertimbangan yg menjadi perdebatan antara kami pengurus untuk memilih siapa yg telah pantas menjadi kru tetap, tentunya berdasarkan kualitas yang telah kru tunjukkan selama ini.” Jelas Putri Anugrah—Pemimpin Redaksi AKLaMASI.

Pengangkatan kru tetap dilanjutkan pada Rabu (19/02) dikarnakan satu nama yang akan dilantik tidak hadir pada camping kemarin, seluruh kru AKLaMASI kembali berkumpul di Gedung Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), membahas penyebab para kru yang tidak dapat hadir saat camping dan kembali melakukan evaluasi pada kru yang tidak hadir saat itu.

“Sebenarnya kami tidak perlu mengulang hasil evaluasi kemarin, jika kalian sadar akan pentingnya arti agenda kemarin” ujar Fadhli Abi Rafdi—Redaktur Online AKLaMASI.

Setelah melakukan evaluasi sesi terbuka juga dengan pertimbangan seluruh pengurus, maka diumumkan bahwa Rahmat Amin Siregar resmi menjadi kru tetap AKLaMASI. Sebelum membacakan sumpah kepada kru tetap yang terpilih, Pemimpin Umum menanyakan kesiapan kru terpilih untuk mengemban tanggung jawab menjaga nama baik AKLaMASI, lebih giat menulis dan tidak besar kepala setelah terpilih. Selesainya pembacaan sumpah, maka telah resmi bahwa Johan Hariwitonang, Salma Siregar, dan Rahmat Amin Siregar menjadi kru tetap AKLaMASI.


Editor : Intan Salfitri


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *