S3 Ilmu Hukum UIR Tawarkan Kurikulum Berbasis 4.0


Oleh : Gerin Rio Pranata


Berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 29/M/2020, Program Studi (Prodi) Strata 3 (S3) Doktor Ilmu Hukum Universitas Islam Riau (UIR), telah mendapatkan izin untuk dibuka. Lokasi pendaftaran terletak di Gedung Pascasarjana UIR, dengan waktu yang sudah ditentukan (10-22/02).

Bagi calon pendaftar, terdapat delapan alur rangkaian yang akan dilewati, yaitu Pengisian Formulir, Tes TOEFL, Tes Tertulis, Tes Potensi Akademik, serta Tes Wawancara. Selanjutnya pengumuman, dan bagi yang lulus seleksi, akan mengikuti Orientasi mahasiswa baru,  kemudian kegiatan belajar-mengajar di kelas.

Dalam mengajukan Program S3, UIR harus memiliki tiga kriteria yang tercantum di Sistem Informasi Direktorat Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi, Direktorat Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI), yaitu, Sumber Daya Manusia (SDM), Sistem Penjamin Mutu, dan Kurikulum. Untuk kriteria SDM, yang dimaksud adalah dosen yang akan mengajar di Program S3 tersebut.

Dengan kriteria tersebut, Dr. Surizki Febrianto, SH., MH—Ketua tim pembuka S3 Ilmu Hukum UIR, meyakini S3 Ilmu Hukum UIR telah memenuhi persyaratan. Dalam hal SDM misalnya, Surizki mengatakan, memiliki tiga guru besar dan dua Lektor Kepala yang terdapat di Fakultas Hukum, satu guru besar di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Tidak hanya itu, dosen yang akan mengajar sudah memiliki jurnal internasional yang terindeks Scopus—Pangkalan data yang berisi abstrak dan jurnal akademik.

Berdasarkan instrumen pemenuhan syarat akreditasi minimum untuk S3 Ilmu Hukum UIR, ada tiga aspek untuk mencapai teknis pembelajarannya, yaitu, Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan. Fokus penelitian S3 Ilmu Hukum, terdapat pada penyelesaian berbagai bentuk permasalahan bisnis. Hal ini berkaitan dengan revolusi industri 4.0, melihat hampir semua komoditas bisnis saat ini merupakan hasil dari kekayaan intelektual.

Dr. Ir. Saipul Bahri, M.Ec.—Direktur Pascasarjana UIR, mengatakan bahwa dari segi SDM, dosen yang mengajar di Fakultas Hukum sudah memadai.

“Selain SDM, akreditasi jurusan Hukum mulai dari program S1 dan S2 sudah terakreditasi A” tambahnya.

S3 Ilmu Hukum ini akan dikepalai oleh Prof. Dr. Hj. Ellydar Chadir, S.H., M.Hum. dan terdapat enam dosen tetap yang akan mengajar, terdiri dari empat guru besar dan dua Lektor Kepala. Dibantu 15 Dosen tamu dari Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Universitas Indonesia, Universitas Islam Bandung, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Universitas Padjajaran, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga Surabaya, dan Bundeswehr-Munich.

Hingga saat ini calon pendaftar yang mengambil formulir pendaftaran berjumlah 14 orang. Namun yang mengembalikan formulir, berjumlah tiga calon pendaftar. Perkuliahan S3 Ilmu Hukum akan dimulai pada 13 Maret 2020.


Editor : Fadhli Abi Rafdi


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *