Guna Kaderisasi Anggota, AKLaMASI Kembali Gelar DJTD


Penulis: Arif Widyantiko


Media Mahasiswa Aklamasi Universitas Islam Riau (UIR) menggelar Diklat Jurnalistik Tingkat Dasar (DJTD) yang ke-23 dengan mengusung tema “Media, Teknologi dan Jurnalisme”.

Acara dilaksanakan pada tanggal 11-13 Februari 2022 di Komplek Kepemudaan Provinsi Riau, jalan MH. Thamrin, Pekanbaru. DJTD tahun ini merupakan pelatihan yang  pertama kalinya dilaksanakan secara tatap muka, mengingat dua tahun sempat vakum akibat pandemi Covid-19.

Pendaftaran dibuka dari 5-22 November 2021. Pendaftaran DJTD menggunakan sistem online melalui Google Form, yang mana masing-masing calon peserta melengkapi persyaratan.

Dalam kondisi pandemi ini, panitia pelaksana diwajibkan untuk melengkapi dokumen administrasi pelaksanaan acara yang menimbulkan keramaian. Yakni Surat Rekomendasi dari Satuan Tugas Covid-19 Kota Pekanbaru dan juga Surat Izin Keramaian dari Polresta Kota Pekanbaru.

“Proses oprec dilakukan secara online, kemudian ada batasan pendaftaran bagi peserta maksimal semester lima. Setidaknya ada delapan kelas jurnalistik, dimana kelas-kelas dibuat berdasarkan kebutuhan redaksi. Beberapa yang baru diantaranya seperti konten creative,”  ungkap Rahmat Amin Siregar selaku Ketua Panitia.

Selain itu adapula kelas Ke-AKLaMASIAN, berisi tentang sejarah dan dinamika organisasi ketika proses pembentukan dan masa awal usianya.

Rangkaian DJTD ini juga dihadiri Forum Pers Mahasiswa Riau (Fopersma) yang  bertujuan untuk memperkenalkan peserta DJTD  dan juga  sekaligus menjalin silaturahmi antar pers mahasiswa yang ada di Riau.

“Teknis acara mengalami penundaan dari tanggal sebelumnya diakibatkan pandemi, karena itulah kelas yang ada saat ini semaksimal mungkin  dilakukan degan mentaati protokol kesehatan,” kata Amin.   

Rizka Yani—Direktur Aklamasi Institut—menjelaskan bahwa AKLaMASI selain sebagai wadah tempat belajar jurnalistik bagi para calon kru, DJTD ini juga membentuk kaderisasi agar sumber daya manusia di dalamnya terus berkembang. Mengingat selama pandemi kegiatan sempat tertunda dan dan kaderisasi tidak berjalan.

“Tentuya setelah kegiatan DJTD ini selesai diharapkan muncul wajah-wajah baru bagi AKLaMASI dalam berkarya dan melanjutkan estafet kepemimpinan dimasa yang akan datang.” Pungkas Rizka.



Editor: Gerin Rio Pranata

Foto: Akhmat Kusairi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *