AKLaMASI Taja Jurnalisme Lingkungan Melalui DJTD


Penulis: Nurul Fitri


Media Mahasiswa AKLaMASI UIR kembali menggelar Diklat Jurnalistik Tingkat Dasar  (DJTD) ke XXIV, kegiatan ini  berlangsung selama tiga hari, dimulai tanggal 9 – 11 Desember 2022. Bertempat di Gedung Dewan Kesenian Riau dengan mengusung  tema “Environmental Journalism”.

Ludiana Mubarikkah Surayya selaku Ketua Panitia Pelaksana DJTD mengatakan awal mula di usungnya tema Environmental Journalism  berkaca dari fenomena isu lingkungan yang kerap terjadi  di Provinsi Riau.

Lebih lagi ia menuturkan, perkembangan era digital dan new media yang  ditunjang dengan percepatan informasi tidak lantas menyurutkan perhatian  media akan isu-isu lingkungan. Media berperan penting dalam memberikan informasi isu lingkungan yang erat kaitannya dengan kehidupan sosial, khususnya soal perubahan iklim.

“Ada banyak konflik lingkungan dan pembahasan G20 yang turut menyinggung perubahan iklim, sehingga perlu mendapatkan sorotan media,” ungkap Ludiana.

Dalam kegiatan DJTD kali ini persoalan lingkungan, gaya hidup ramah lingkungan hingga kelas desain menjadi materi yang cukup berkesan ungkap Feri Kurniawan, salah seorang peserta.

“Saya merasa terinspirasi dari keberanian Kak Rahmi sebagai salah seorang pemateri yang juga Jurnalis  dalam menyuarakan kerusakan lingkungan,” terangnya.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Annisa, ia ungkapkan  kegembiraanya selama tiga hari  mengikuti rangkaian kegiatan acara. Menurutnya pelatihan DJTD memberikan banyak pelajaran  dalam melakukan reportase.  Selain itu Annisa sebut melalui kegiatan simulasi yang dibuat panitia memberikannya  kesadaran dalam menjaga lingkungan.

“Kita hidup sangat dekat dengan lingkungan yang ada disekeliling kita, lingkungan juga memberikan banyak manfaat. Maka dari itu kita perlu untuk melindunginya”  ungkap Annisa

Berbeda dari tahun sebelumnya acara DJTD ke XXIV kali ini terbilang mengalami penurunan jumlah peserta.  Terhitung DJTD ini diikuti oleh 11 peserta saja. Dengan menghadirkan tujuh pemateri sesuai bidang keahliannya masing-masing.

Pemimpin Umum AKLaMASi, Rahmat Amin Siregar mengatakan penurunan jumlah peserta tidak mengurangi antusiasme rangkaian kegiatan DJTD.

lebih lanjut Amin sapaan akrabnya sampaikan DJTD merupakan wadah pelatihan jurnalistik  tingkat dasar sekaligus bertujuan melakukan rekrutmen kepada mahasiswa yang ingin bergabung  dengan Media Mahasiswa AKLaMASI. “Setelah mengikuti rangkaian acara, harapannya peserta akan menjadi kru magang dan dapat berkarya berbekal kelas-kelas dari diklat ini” tutur Amin

Amin juga katakan, alasan dipilihnya tema “Enviromental Jurnalism” pada rangkaian DJTD ini dengan maksud ingin menimbulkan kesadaran masalah lingkungan  kepada para peserta. Lebih lagi masalah lingkungan sudah berpuluh tahun kerap terjadi  Provinsi Riau. Setelah kesadaran itu ada, harapannya muncul kepedulian terhadap lingkungan.

“Melalaui kegiatan ini harapannya ada banyak hal baru yang kru magang AKLaMASI lakukan nantinya dalam menghasilkan karya-karya jurnalistik” tutup Amin.


Editor: Arif Widyantiko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *