Gelar WSC 2023: Himakri UIR Soroti Peran Mahasiswa sebagai Agent Of Change

Penulis: Astrid Arshani


Program Studi (Prodi) Kriminologi Universitas Islam Riau (UIR) mengadakan kegiatan Work Social Criminology (WSC) atau yang lebih dikenal Malam Keakraban (Makrab) pada  Selasa (24/1). Kegiatan berlangsung selama tiga hari dimulai dari tanggal 24-26 Januari. Bertempat di Desa Siabu, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, dengan mengusung tema “Satukan Perbedaan, Eratkan Solidaritas Demi Terwujudnya Jiwa Kriminologi Yang Kuat dan Berintegritas”

Dalam pembukaan WSC 2023, Fakhri Usmita selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) Kriminologi menyampaikan, bahwasannya kegiatan WSC merupakan permulaan bagi mahasiswa baru yang bergabung menjadi bagian dari keluarga besar Kriminologi. Kegiatan ini  juga merupakan upaya mengenalkan kepada mahasiswa baru, bahwa ilmu pengetahuan  tidak hanya diperoleh di bangku perkuliahan, akan tetapi juga di kehidupan nyata seperti  di lingkungan masyarakat.

Lebih lanjut melalui kegiatan tersebut, Fakhri berharap, mahasiswa mampu keluar dari zona nyaman menara gading keilmuannya. Sehingga lebih peka dalam memahami isu sosial sebagai laboratorium keilmuan yang nyata. Menjadi pembela yang tertindas dan memperbaiki yang menyimpang.

“Kegiatan WSC juga diharapkan bisa membangun hubungan yang lebih akrab, antara mahasiswa dengan dosen, senior dan alumni Kriminologi”  ungkap Fakhri.

Selaras dengan hal tesebut, Tasya Sofiatul Afrida Nasution selaku Bupati Himpunan Mahasiswa Kriminologi (HIMAKRI) UIR menyebut, bahwa kegiatan WSC ini diselenggarakan sebagai bentuk rasa tanggung jawab mahasiswa sebagai agent of change. Sehingga kami wujudkan melalui bentuk pengabdian masyarakat.

Kegiatan penanaman bibit pohon (Foto: Himakri UIR)

Tasya juga katakan, pada WSC kali ini terdapat berbagai rangkaian kegiatan yang disuguhkan oleh panitia acara diantaranya seperti senam pagi, pentas seni, outbond, pengabdian kepada masyarakat, sosialisasi penyalahgunaan narkoba, kemah bakti mahasiswa,  pertandingan sepak bola persahabatan  serta penyerahan 500 bibit pohon kepada warga setempat.

“Dengan demikian selain bisa membuat mahasiswa akrab satu sama lain, kegiatan WSC 2023 juga memberi dampak kepada masyarakat sekitar dan ini merupakan awalan yang baik dari peran mahasiswa sebagai agent of change”  tutur Tasya.


Foto: Himakri UIR

Editor: Arif Widyantiko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *