Gelar Launching Majalah: AKLaMASI Soroti Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi


Penulis: Nadila Ayuningtiyas


Media Mahasiswa AKLaMASI Universitas Islam Riau (UIR) menggelar kegiatan launching majalah edisi 20  dengan mengusung  tema “Kemelut Mengungkap Pelaku Kekerasan Seksual” pada kamis (25/5) lalu. Acara berlangsung di Gedung Auditorium Fakultas Hukum (FH) UIR.

Adapun para peserta dihadiri seluruh Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dan  tamu undangan. Kegiatan ini berlangsung mulai dari pukul 10.00 hingga  12.00 Wib, acara diawali dengan pembacaan doa dan menyanyikan lagu indonesia raya.

Pemimpin Redaksi AKLaMASI, Arif Widyantiko mengatakan alasan diusungnya tema tersebut, dilatarbelakangi dugaan kekerasan seksual yang terjadi di Kampus UIR.

”Majalah ini dibuat selama empat bulan, dilatar belakangi oleh dugaan kasus kekerasan seksual  yang sempat terjadi di UIR. Diduga pelaku berasal dari mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dan mahasiswa UIR.” pungkas Arif.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, launching majalah pada kali ini merupakan perhelatan perdana yang diadakan oleh AKLaMASI.

Terhitung terdapat sebanyak 17 rubrik yang disajikan kepada para pembaca. Terdiri dari laporan utama,laporan khusus, catatan wartawan, feature dan rubrik-rubrik lainnya.

Rada  Mutia Sal selaku Ketua Panitia mengatakan hajatan ini diselenggarakan untuk menciptakan suasana berbeda, sekaligus agar mahasiswa  dapat memahami setiap isi dari produk majalah yang telah kami terbitkan.

”Kami ingin mahasiswa paham dengan isi yang ada di dalam majalah dan isu-isu apa yang layak untuk kita diskusikan. Oleh karena itu, selain launching majalah kami juga membuat diskusi bertemakan kekerasan seksual. Karena tema ini cukup relate untuk dunia kampus” ucapnya .

Lebih lanjut, harapannya pihak AKLaMASI lebih semangat untuk berkarya dalam menyuarakan suara-suara publik.

“Dan agar mahasiswa  lebih peka terhadap isu kekerasan seksual maupun isu lain yang ada di lingkungan sekitar” tutup Rada.


Editor: Arif Widyantiko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *