Pelantikan Kru Tetap, Pimum: Harus Punya Kontribusi Lebih


Penulis: Niki Aulia Sandi


Media Mahasiswa AKLaMASI Universitas Islam Riau (UIR) kembali melakukan pengangkatan kru tetap periode kepengurusan 2022-2023 pada Jumat, (2/6).

Sama halnya seperti pengangkatan kru tetap tahun lalu, agenda tahunan ini kembali diselenggarakan dalam acara camping Pakansi di Desa Gema, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Jumat pagi setelah melakukan aktivitas Senam Ceria, seluruh kru magang dipanggil  untuk berkumpul dan berbaris. Agenda ini menjadi acara krusial sehingga bersifat rahasia tanpa sepengetahuan kru magang.

Pemimpin Umum (Pimum) Media Mahasiswa AKLaMASI, Rahmat Amin Siregar mendeklarasikan pengangkatan kru tetap di depan seluruh kru.

“Pengangkatan kru ini dilakukan atas dasar penilaian kemampuan dan karya jurnalistik yang telah dihasilkan. Berdasarkan hal itu, seluruh pengurus memutuskan ada empat orang yang memenuhi kriteria untuk diangkat menjadi kru tetap,” ujar Rahmat.

Pimum Media Mahasiswa AKLaMASI itu kemudian mengumumkan satu per satu dari empat nama yang diangkat sebagai kru tetap untuk mengambil tempat terpisah, yakni Hikmal Akbar Said Al Hudri, Nadila Ayuningtiyas, Niki Aulia Sandi dan Rada Mutia Sal.

Sebelum menandatangani surat resmi pengangkatan, kru tetap yang baru diangkat kemudian diwejang karena harus mengemban tanggung jawab baru yaitu melaksanakan tugas serta kewajiban yang telah ditentukan.

”Kalau ditanya siap atau tidaknya, mau tidak mau kita pasti harus siap. Karena untuk aku yang baru enam bulan di AKLaMASI lalu diangkat menjadi kru tetap, itu seperti suatu pencapaian. Walaupun begitu, aku harus lebih banyak belajar lagi,” jelas Rada

Pengangkatan kru tetap harus memenuhi beberapa kriteria sesuai standar organisasi  yang ditetapkan oleh Media Mahasiswa AKLaMASI. Mulai dari aktif menulis dan membuat produk jurnalistik, menyelesaikan tugas tepat waktu, loyal dalam berorganisasi, mengikuti kelas AKLaMASI serta memahami kaidah-kaidah jurnalistik.

“Dengan demikian, setiap yang menjadi kru tetap akan memiliki tanggung jawab dan kontribusi lebih,” jelas Rahmat.

Selain itu, seluruh kru yang sudah berstatus kru tetap akan mendapat kesempatan mengikuti delegasi pelatihan jurnalistik tingkat nasional. Adapun output dari pendelegasian ini ialah membuat tulisan karya jurnalistik, membuat kelas di AKLaMASI, dan dibebankan tugas serta tanggung jawab kepengurusan.

Hal ini tentunya sesuai keputusan serta rekomendasi Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi, dan Direktur AKLaMASI Institut.

“Kru tetap akan mempunyai kesempatan untuk ikut pelatihan tingkat nasional. Keikutsertaan kru AKLaMASI dalam pelatihan nasional akan menjadi persiapan yang lebih matang, serta demi meningkatkan kinerja baik individu maupun AKLaMASI itu sendiri,” tutur Muhammad Hafiz Hasibuan, Direktur AKLaMASI Institut.


Editor: Fani Ramadhani


Informasi

Sejalan dengan pengangkatan kru tetap ini, dengan tujuan memperluas sumber daya manusia dalam keredaksian, Media Mahasiswa AKLaMASI juga sedang dalam proses penerimaan kru baru melalui open recruitment yang telah dibuka dari tanggal 29 Mei hingga 22 Juni 2023. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui Instagram @aklamasiuir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *