Menyemai Kesadaran Lingkungan, Mapala FASIPIK-UIR Gelar Talk Show Green House


Penulis: Fani Aprila dan Azizah Tri Septia


Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) FASIPIK Universitas Islam Riau (UIR) sukses menggelar kegiatan Green House (Sosialisasi dan Penanaman) yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan mahasiswa.

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa UIR pada Sabtu, (7/10) ini mengusung tema Tangan Mengepal Untuk Bersatu, Tangan Mencengkram Untuk Berjuang, dengan menggaet mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL).

Kegiatan ini merupakan salah satu langkah konkrit Mapala dalam mendukung pelestarian dan keberlanjutan lingkungan di sekitar kampus maupun Pekanbaru.

Dalam kegiatan tersebut, pemateri utama adalah Jaya Andi Silitonga selaku Ketua KASTRAD KPKR dan Yudha Fahrezi selaku Ketua Umum Mafakumpala UIR. Jaya menjelaskan tentang konsep dasar serta manfaat dari green house.

Green house bisa dikatakan sebagai pertanian berkelanjutan, ada yang namanya metode vertikultur yang merupakan pertanian yang berkelanjutan yang menghindari dampak penggunaan pestisida kimia dan bahan berbahaya lainnya,” ujar Jaya.

Dengan adanya green house membuat penggunaan lahan lebih efisien, dimana jika seseorang memiliki lahan yang minim tetapi dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Efesiensi lahan dari green house ini sangat cocok untuk kalangan mahasiswa yang ingin bertanam tetapi tidak memiliki ruang yang cukup.

Namun, dibalik banyaknya keuntungan yang didapat, pengelolaan green house membutuhkan dana awal yang cukup besar untuk pembangunan dan perawatan, serta ketergantungan terhadap tambahan energi yang dapat meningkatkan biaya operasional.

Ketua Umum Mafakumpala UIR, Yudha Fahrezi, mengungkapkan harapannya terhadap mahasiswa atas kegiatan ini.

“Kami dari koordinator Mapala UIR berharap seluruh mahasiswa itu harus mencintai lingkungan, tidak hanya Mapala, tidak hanya masyarakat, tapi seluruh elemen yang ada di bumi ini harus saling mencintai lingkungannya. Jika bumi ini adalah ibumu maka pohon lah anak-anak tercintanya, maka janganlah berhenti menanam,” pungkas Yudha.

Kegiatan Sosialisasi ini ditutup dengan penyerahan bibit pohon oleh Ketua Umum Mapala FASIPIK-UIR, Kevin Alvario kepada Ketua KASTRAD KPKR, Jaya Andi Silitonga, dan dilanjut dengan kegiatan penanam bibit pohon oleh peserta di sekitar taman depan UIR.


Editor: Fani Ramadhani

Foto: Azizah Tri Septia


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *