Festival Sepak Bola U10&U12 FORSGI Riau: Bina Pendidikan Karakter Terhadap Anak-anak


Penulis : Dian Wahyu Ningsih dan Fitri Al-Maidah


Untuk membentuk talenta berkarakter dalam dunia sepak bola, Forum Sepak Bola Generasi Indonesia (FORSGI) membina U10 dan U12 dalam ajang “Festival Sepak Bola FORSGI 2023”.  Kegiatan ini adalah festival FORSGI  kedua di tahun 2023 yang dilaksanakan di Stadion Mini Universitas Islam Riau (UIR), pada Senin (25/12/2023).

Gos Hendra selaku ketua FORSGI Sekretriat Provinsi Riau menjelaskan, UIR merupakan tempat yang strategis karena adanya tribun yang dapat menampung banyak penonton. Seperti contohnya, orang tua yang hadir mendampingi anaknya selama proses pertandingan.

Kegiatan Festival ini sebagai program untuk membina anak-anak dari usia 10 sampai 12 tahun. Pembinaan ini diutamakan dalam bidang karakter, ada 29 karakter yang diterapkan kepada anak-anak yang bermain dan bertanding. Diantaranya guna memiliki akhlakul karimah, budi pekerti yang baik dan memiliki kemampuan untuk bisa mandiri.

“Karakter ini yang akan kami terapkan terhadap anak-anak kita, karena sebagaimana yang kita saksikan dimana-mana itu terjadi permasalahan kerusuhan dalam permainan sepak-bola.  Adanya karakter yang belum begitu bagus pembinaannya sehingga dengan mendidik anak kita sejak dini untuk berakhlakul karimah yang baik, sehingga nanti dia bisa bermain secara sportif dan tidak menonjolkan emosional emosional yang bisa merusak kerukunan dan kekompakan,”  ujar Gos Hendra.

Kegiatan festival ini tentunya tidak lepas dari kendala yang dihadapi, termasuk daripada kendala anggaran biaya, karena mendatangkan tamu-tamu dari luar kota yang ada di Provinsi Riau.

“Kalau kendala dalam pelaksanaanya terutama anggaran biaya yang lumayan besar, Alhamdulillah ada sponsor-sponsor yang luar biasa bisa memberi support untuk membantu festival pada hari ini. Karena mendatangkan tamu-tamu dari luar kota, termasuk biaya penginapan dan pelayanan terhadap tamu-tamu kami, tapi bisa ter-cover”.

Jumiati yang juga merupakan orang tua dari salah satu peserta perwakilan Zona Dumai turut mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan FORSGI Riau tersebut.

“Saya sangat mendukung kegiatan ini karena mengedukasi anak-anak, kegiatannya positif daripada anak-anak bermain gadget”,  ungkapnya.

Gos Hendra juga berharap dengan kegiatan yang dilaksanakan ini dapat mendidik anak-anak sedari dini.

 “Harapan kita yang utama dari kepengurusan FORSGI yaitu bisa mendidik anak-anak sedari dini agar memiliki talenta yang teruji kemudian nantinya bisa berprestasi juga ditingkat nasional dan mudah- mudahan bisa di tingkat internasional”. Tutupnya.


Editor dan Foto : Annisa Rahma Aulia


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *