Rayakan Ulang Tahun Ke-30, AKLaMASI Adakan Kegiatan Pakansi


Penulis: Safrina Nauli


Media Mahasiswa AKLaMASI Universitas Islam Riau (UIR) kembali mengadakan PAKANSI (Pekan Perkemahan AKLaMASI) untuk merayakan ulang tahun AKLaMASI ke-30 yang jatuh pada 16 Oktober lalu. Selain itu, dalam kegiatan PAKANSI yang diadakan pada Sabtu dan Minggu, (23-24/12) ini juga turut dilakukan pengangkatan Kru Tetap Periode 2023-2024.

Berbeda dengan lokasi PAKANSI tahun lalu yang dilaksanakan di Desa Gema, Kampar Kiri, kegiatan kali ini diselenggarakan di Argopuro, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru.

Kegiatan dimulai dengan mendirikan tenda kemah dan mempersiapkan makan siang. Kemudian dialanjutkan dengan bermain games untuk memberi kesenangan sekaligus mempererat kekeluargaan dan kekompakan antar kru.

Selanjutnya pada malam hari diadakan pentas seni untuk menampilkan bakat seperti menyanyi, menari, dan syair sambil menyantap hidangan yang telah dimasak bersama.

Esok hari pada Minggu pagi tepatnya pukul empat diadakan evaluasi kegiatan sekaligus evaluasi terhadap kinerja pengurus terhitung setelah Musyawarah Redaksi (Musred).

Selain adanya pengurus dan kru magang, pada kegiatan ini juga mengundang alumni guna membangun silaturahmi serta berbagi ilmu, salah satu yang hadir yaitu Oka Pringga Pakpahan.

Menurut Oka, kegiatan PAKANSI ini adalah inisiasi bagus karena baru dua bulan setelah Musred, sudah mulai bergerak membuat event yang sesuai untuk meningkatkan sumber daya manusia di AKLaMASI.

“Jadi kita bisa melihat pengurus membuat event begini itu bukan cuma sekedar untuk senang tapi juga untuk memperbaiki banyak hal seperti komunikasi internal dan pengetahuan,” ungkap Oka.

Setelah melakukan aktivitas senam pagi, seluruh kru dipanggil untuk berkumpul dan berbaris. Agenda ini menjadi acara krusial sehingga bersifat rahasia tanpa diketahui oleh kru magang.

Pemimpin Umum (Pimum) Media Mahasiswa AKLaMASI, Tuni Dariyanti mendeklarasikan pengangkatan kru tetap di depan seluruh kru.

“Pengangkatan kru tetap ini dinilai atas dasar karya jurnalistik yang telah dihasilkan,” ujar Tuni

Berdasarkan hal itu, seluruh pengurus memutuskan ada dua orang menjadi kru tetap. Pimum Media Mahasiswa AKLaMASI kemudian mengumumkan satu per satu dari dua nama yang diangkat sebagai kru tetap untuk mengambil tempat terpisah dari barisan, yakni Fajar Ilham Saputra dan Safrina Nauli.

Sebelum menandatangani surat resmi pengangkatan, kru tetap yang baru diangkat dituntun untuk mengucapkan janji sebagai bentuk kesanggupan akan tugas-tugas baru. Dimana sebagai kru tetap, salah satunya wajib membuat tulisan feature.

“Semoga dengan diangkatnya kru tetap ini bisa menjadi kru lebih disiplin lagi, lebih meningkatkan kreativitasnya untuk AKLaMASI kedepannya dan membangun AKLaMASI jauh lebih baik lagi dari hari ini,” harap Tuni.


Editor: Fani Ramadhani


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *