Wisuda Periode I, Kopertais Wilayah XII Singgung Employable Graduates


Penulis: Halimatul Yusriah


Universitas Islam Riau (UIR) kembali mengadakan Rapat Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Periode I Tahun 2024 untuk gelar Doktor, Magister, dan Sarjana. Wisuda ini diselenggarakan pada Sabtu, (17/01) di Gelanggang Olahraga UIR.

Berbeda pada wisuda sebelumnya, wisuda kali ini langsung memberikanya ijazah kepada para wisudawan setelah prosesi wisuda sehingga mahasiswa bisa langsung melihat hasilnya selama menempuh pendididkan di kampus.

“Yang jadi pembeda pada wisuda ini itu, langsung diberikannya ijazah yang insyaallah seterusnya seperti itu. Sehingga mahasiswa tidak perlu menunggu lama karena bisa langsung melihat hasil perjuanganya selama ini,” tutur Rektor UIR, Prof. Syafrinaldi, S,H., MCL saat diwawancarai.

Pada wisuda periode kali ini, UIR berhasil mewisudakan sebanyak 1.413 wisudawan dengan lulusan Sarjana sebanyak 1.336 orang, Magister 76 orang, dan satu orang Doktor Kehomatan dari Program Doktor Hukum Pascasarjana, Dr. Zulkilfi Bahri, S.H., M.H.

Selain itu UIR juga telah melulusakan Program Profesi Guru (PPG) sebanyak 53 orang yang merupakan pelepasan pertama dari program PPG di UIR. Hingga tahun 2024 ini UIR telah mewisudakan 76.055 orang.

 Lulusan terbaik sarjana diberikan kepada Lidyawati Sri Lestari dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebesar 3,93. Serta Mulyadi Masta sebagai pemuncak Pasacasarjana dari Program Studi Ilmu Pemerintah dengan IPK 3,99.

Dalam sambutanya Syafrinaldi menyampaikan perkembangan prestasi yang telah diraih oleh civitas akademika UIR, diantaranya akreditasi Unggul untuk Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Program Pascasarjana Program Studi Ilmu Administrasi, serta akreditasi A untuk S1 Program Studi Hukum dan Pertanian.

Selain itu, Syafrinaldi juga menyampaikan bahwa saat ini ada tiga mahasiswa UIR yang sedang melaksanakan kuliah di luar negeri dengan beasiswa dari negara setempat.

Sementara itu, Wakil Ketua Kopertais Wilayah XII Riau – Kepulauan Riau, Prof. Dr. H. Munzir Hitami, M.A. dalam sambutanya menyingung mengenai isu employable graduates atau lulusan layak kerja. Dimana saat ini peminat perguruan tinggi semakin besar tetapi lulusannya tidak siap bertarung di dunia kerja.

“Tantangan kita adalah bagaimana kita menyediakan fasilitas program-program yang nanti ketika tamat lulusannya sudah siap untuk mandiri, maka diperlukan investasi dari program-program tersebut agar dapat mengahasilkan lulusan yang siap kerja dan membuka lapangan kerja baru,” tutur Munzir.

Ia juga menyampikan harapannya kepada para wisudawan maupun mahasiswa agar nantinya menjadi manusia aktif dan tidak pemilih dalam mencari pekerjaan.


Editor: Fani Ramadhani

Foto: Azizah Tri Septia


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *