Fakultas Teknik Tetapkan Gubernur Baru, Usung Kolaborasi, Inovasi, dan Potensi


Penulis: Fajar Ilham Saputra


Fakultas Teknik Universitas Islam Riau (UIR) resmi menetapkan Muhammad Ihsan sebagai Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang baru, didampingi oleh Muhammad Fajri sebagai Wakil Gubernur. Penetapan ini menandai dimulainya periode kepemimpinan BEM Fakultas Teknik untuk tahun 2024-2025, pada Senin (3/6).

Pemilihan yang berlangsung secara aklamasi ini merupakan puncak dari serangkaian proses demokrasi yang diselenggarakan oleh Badan Pemilihan Raya Mahasiswa (BPRM) Fakultas Teknik UIR. Sebelum penetapan, BPRM mengadakan sesi tanya jawab langsung setelah penyampaian visi dan misi dari calon terpilih. Sesi ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengenal lebih dalam pandangan dan program kerja yang diusung oleh Muhammad Ihsan dan Muhammad Fajri.

Muhammad Ihsan, yang kini menjabat sebagai Gubernur BEM, dalam visi misinya menekankan pentingnya kolaborasi antar mahasiswa untuk menciptakan inovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan di Fakultas Teknik. Sementara itu, Muhammad Fajri sebagai Wakil Gubernur, menyoroti pentingnya keterlibatan mahasiswa dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan untuk mengembangkan potensi diri dan mempererat solidaritas di lingkungan kampus.

“Ketika kita diberi amanah sebagai pemimpin, kita harus berada di posisi tengah, menjaga keseimbangan antara berbagai pihak. Mengapa kita harus berada di tengah? Untuk memastikan kita dapat menjaga keseimbangan dan keadilan antara semua pihak yang terlibat,”tutur Ihsan.

Wakil Dekan III Fakultas Teknik UIR, Akmar Efendi, S.Kom., M.Kom., dalam sambutannya mengapresiasi semangat demokrasi yang ditunjukkan oleh para mahasiswa.

“Ini adalah hal yang penting bagi kita, karena calon yang telah ditetapkan menunjukkan kemampuan untuk memimpin. Meskipun ada beberapa tantangan dalam proses pemilihan ini, kita akhirnya bisa menentukan seorang pemimpin secara aklamasi. Kita harus menghargai keputusan ini karena telah melalui proses yang benar,” jelas Akmar.

Selain itu, Akmar juga menuturkan bahwa penting bagi semua mahasiswa  untuk memahami fungsi dan peran dari gubernur.

“Ini adalah titik awal kita, untuk memahami pilihan ini dan apa yang kita harapkan dari seorang gubernur,” ujarnya.

Acara penetapan yang berlangsung di halaman utama Fakultas Teknik ini dihadiri oleh Wakil Dekan III, dosen, serta perwakilan dari beberapa organisasi mahasiswa di lingkungan Universitas Islam Riau. Dalam suasana penuh antusiasme dan harapan, seluruh hadirin memberikan dukungan penuh kepada kepemimpinan baru BEM Fakultas Teknik.

Dengan penetapan ini, diharapkan BEM Fakultas Teknik UIR di bawah kepemimpinan Muhammad Ihsan dan Muhammad Fajri dapat membawa perubahan positif dan terus berkontribusi aktif dalam mengembangkan fakultas serta memberikan manfaat nyata bagi seluruh mahasiswa.


Editor: Fani Ramadhani


Tulisan ini mengalami perubahan di paragraf ke-1, 9, dan 10 pada Selasa, 11 Juni 2024 pukul 20.56 WIB. Sebelumnya pada paragraf tersebut terdapat kata “pelantikan” dan diganti menjadi “penetapan”. Redaksi meminta maaf atas kekeliruan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *