BEM Teknik UIR Rayakan Hari Kartini

Dalam rangka peringati Hari R.A Kartini, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik Universitas Islam Riau (UIR) selenggarakan beberapa rangkaian kegiatan—seperti penampilan puisi, musik, diskusi dan lomba desain wajah Kartini di halam Gedung Workshop FT, Kamis (21/4).

Kegiatan yang bertujuan untuk mengingatkan bagaimana perjuangan sosok tokoh emansipasi wanita tersebut—dalam perjuangkan kesetaraan hak perempuan dengan laki-laki untuk dapatkan pendidikan di Indonesia semasa hidupnya, juga turut mengundang Melati Octavia—Mahasiswa Komunikasi semester akhir Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska).

“Banyak pahlawan yang berjuang dan berjasa, namun Raden Ajeng Kartini lah yang diangkat sebagai tokoh emansipasi wanita. Itu semua karena kegigihannya dalam berjuang, sehingga pemerintah Indonesia anugerahkan padanya gelar Tokoh Pejuang Nasional.” ujar Thalia Amanda Putri—Humas BEM FT.

Dalam diskusi Melati mengatakan bahwa perjuangan Kartini oleh wanita sekarang disalah tafsirkan. Menurutnya, banyak perempuan merasa hebat bisa kendarai mobil sendiri dan lakukan apapun yang mereka inginkan—sehingga peran laki-laki menjadi terkesampingkan. Meningkatnya angka perceraian pada saat ini, diperkirakan juga karena pemikiran perempuan yang sulit diarahkan ke arah yang lebih baik.

Melati berharap perempuan Indonesia bisa menjadi terhebat dan bermanfaat bagi bangsa. Tidak hanya perempuan, lelaki pun diharapkan dapat jadi contoh yang baik—karena suatu saat, lelaki itu akan jadi pemimpin. “Jadilah perempuan yang menginspirasi, berkarya, dan sesuai dengan kodratnya.” Tutupnya.

Tim Penulis: Andani dan Vina Monica (Magang AKLaMASI)
Fotografer: Andani
Editor: Dede Mutiara Yaste

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *