Mapala UIR Taja Expo Ke III

Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Islam Riau (UIR) taja Mapala UIR EXPO ke III, dengan tema Tumbuh Bukan Untuk Dirusak, Biarkan Mekar Wangi Semerbak. Kegiatan yang dilaksanakan di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) UIR tersebut berlangsung selama lima hari, mulai Selasa hingga Jumat (18-22 April 2016).

Resky Ardiansyah—Koordinator Umum Mapala UIR, mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk menguji sekaligus memacu generasi muda untuk berkreativitas, berkarya dan juga sebagai ajang silaturahmi antar Mapala se-UIR.

Ia juga mengukapkan, bahwa banyak kegiatan yang diselenggarakan, diantaranya: panggung seni, melukis tong sampah, diskusi lingkungan, pameran foto lingkungan, bazar, outbound, lomba stand Mapala per fakultas, orasi peringatan Hari Kartini pada 21 dan Bumi 22 April.

Pada perlombaan stand, Reski terangkan bahwa pemenangnya dinilai dari kreatifitas, unik, dan mampu menjelaskan maksud dari stand yang dibangun. “Sistem penilaian ada dua macam: pertama, kaku yaitu menilai dari kebersihan, kerapian dan kemampuan menyampaikan arti dari tema stand yang mereka buat. Kedua, voting yaitu jumlah banyaknya pengunjung yang kunjungi masing-masing stand—namun untuk harinya dirahasiakan—hanya panitia yang tau, agar tidak terjadi kecurangan,” jelas Reski.

Hari kedua, kegiatan diisi dengan bazar buku, pameran kerajinan tangan dan diskusi mengenai lingkungan dengan tema “Peran Mahasiswa Pecinta Alam terhadap Undang Undang Konservasi No 5 Tahun 1999”.

Kamis, (21/4) bertepatan dengan Peringatan Hari Kartini, pada pukul 08.30 hingga 10.00, Mapala UIR kembali melangsungkan kegiatan—yaitu orasi. Kemudian dilanjutkan setelah zuhur dengan lomba memasak, makan kerupuk, permainan congklak, memasukan paku ke botol, dan terakhir engkrang.

Penulis: Sofiah (Kru AKLaMASI)
Editor: Dede Mutiara Yaste