Impal Pandawaseta Ajak Masyarakat Peduli Banjir


Penulis: Nadila Ayuningtiyas


Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam (Impal) Pandawaseta Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau (UIR) melakukan aksi kegiatan sosial dengan membersihkan sampah yang ada di depan gerbang UIR hingga ke tumpukan sampah di belakang Pascasarjana, Minggu (26/6).

Ardiansyah Harahap selaku Ketua Impal Pandawaseta mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk mencegah banjir.

“Sehingga masyarakat tidak lagi menyinggung terkait banjir yang sering dialami khususnya di daerah marpoyan,” ungkap Ardiansyah.

Rencananya kegiatan semacam ini akan bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK). Namun, kata Ardiansyah ,sampai hari pelaksanaan belum mendapat respon dari dinas tersebut. Rencananya, kegiatan semacam ini akan diulangi lagi ketika telah mendapat tindak lanjut dinas terkait.

 “Pemerintahan, jika mahasiswa membuat kegiatan aksi sosial, kalau bisa tolong di respon dengan baik agar kita bisa bekerjasama untuk menanggulangi banjir,” harap Ardiansyah.

Lebih lanjut, melalui kegiatan ini Ardiansyah menghimbau kepada masyarakat untuk tidakmembuang sampah sembarangan agar tidak terjadi banjir. Dan mengajak membersihkan selokan yang ada di sekeliling tempat tinggal.

Hal ini tergambar dalam partisipasi masyarakat sekitar. Kata Ardiansyah saat menghubungi RT untuk pelaksanaan kegiatan ini.

“Respon mereka mendukung hanya saja kurang membantu. Harusnya kegiatan ini di bantu oleh warga, tetapi mungkin karena minat warga yang kurang. Seperti ketika pihak mapala meminta mobil untuk mengangkut sampah tetapi dari pihak RT nya tidak memberikan itu,” lanjut Ardiansyah.

Namun, masih terdapat warga yang ikut andil dengan kegiatan ini. Samsul Fikri warga Jalan Karya 1 berharap agar kedepannya sepanjang jalan tersebut bersih dari sampah.

“Saya sangat mendukung kegiatan yang diadakan. Sehingga jalanan bersih dari sampah dan bisa untuk usaha kuliner,” kata Samsul.

Menyoal tentang masalah banjir yang kerap terjadi di Kota Pekanbaru, Ardiansyah mengajak mahasiswa untuk peduli terhadap lingkungan.

 “Semua kita, masyarakat, pemerintah, mahasiswa harus saling bekerjasama untuk peduli dengan lingkungan sekitar,” tutup Ardiansyah.


Foto: Nadila Ayuningtiyas

Editor: Rahmat Amin Siregar

One thought on “Impal Pandawaseta Ajak Masyarakat Peduli Banjir

  • 29 Juni 2022 pada 15:36
    Permalink

    Semangat buat kita semuanya yang masih sadar akan bumi yang kita tingalin kini tak lagi sepeti dulunya dan mari kita jaga bumi kita dari diri kita sendiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *