Himatika Gelar Olimpiade Matematika ke-III Tahun Ini

Himpuan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) UIR menyelenggarakan Olimpiade Matematika ke III tingkat Sekolah Lanjut Tingkat Pertama (SLTP) dan Sekolah Lanjut Tingkat Atas (SLTA) se-Riau, (04/03).

Olimpiade Matematika ini mengusung tema “Menghimpun Siswa Raih Prestasi Melalui Olimpiade Maematika”, yang diselenggarakan mulai Senin hingga Rabu mendatang. Kegiatan tersebut dilaksanakan di tiga tempat berbeda, yaitu Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) UIR, Ruang Kelas Lt.2 Gedung FKIP UIR, Auditorium Zaini Kunin Lt.4 FKIP UIR.

Olimpiade matematika ini memiliki lima kategori perlombaan, diantaranya ada Uji Kompetisi Tertulis (UKT), Lomba Cerdas cermat (LCC), Musikalisasi Puisi, Rangking 1, Mading 3D, dan Alat Peraga. Ada 23 sekolah yang turut ikut berlomba pada olimpiade tersebut dari seluruh daerah yang ada di Riau, 11 dari SLTP dan 12 dari SLTA dengan jumlah 131 peserta. Yang mengikuti UKT tingkat SMA 17 tim, UKT tingkat SMP 14 tim, LCC tingkat SMA 10 tim, LCC tingkat SMP 6 tim, Mading 3D 2 tim, Alat Peraga 2 tim, Musikalisasi tingkat SMA 2 tim, Musikalisasi tingkat SMP 2 tim, Rangking 1 SMA 6 tim, Rangking 1 SMP 10 tim.

olimpiade 2
Para peserta lomba Olimpiade Matematika di Gedung PKM UIR, (03/04).

Ariski Eka Hadianto, sebagai ketua pelaksana, mengakui agak kesusahan untuk mencari peserta pada awalnya, karena di awal tahun ini sudah banyak universitas lain yang mengadakan olimpiade serupa. Sehingga, panitia mengundang peserta secara langsung ke sekolah-sekolah, juga mendapatkan bantuan promosi dari Dinas Pendidikan Provinsi bahwasanya UIR mengadakan olimpiade dan turut disebar ke Dinas Pendidikan Kota dan Kabupaten.

Difa Winanda Adlia, peserta dari SMA Negeri Plus Provinsi Riau, mengakui sudah sering mengikuti olimpiade serupa, tujuannya untuk selalu melatih diri dalam ajang tersebut. Strategi yang dilakukannya ialah dengan memperbanyak latihan soal matematika, Difa mendapatkan informasi Olimpiade Matematika melalui guru pembimbing, dan optimis untuk menang pada olimpiade ini.

Zefri Dwi Susanto, guru pembimbing dari SMP IT Al-Kindi Pekanbaru, mengatakan ini pengalaman pertama siswa-siswinya mengikuti olimpiade. Sekolahnya mengirim dua tim untuk Cerdas Cermat dan Ujian Kompetensi Tertulis (UKT). Zefri ingin membuat siswa-siswanya menjadi lebih baik dan lebih kreatif dalam berkompetisi, “Tujuan utama kami bukan untuk mencari kalah menang, tetapi untuk mengasah kemampuan anak-anak untuk bisa berkompetisi di luar sekolah,” ucapnya.


Penulis: Intan Salfitri

Nisa Hasanah dan Bobby Asran turut berkontribusi untuk artikel ini.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *